Sabtu, 02 Maret 2013

Bab I Riset [ Penelitian]

A. Definisi
1. Definisi Penelitian Kata penelitian berasal bahasa inggris yaitu research, yang jika diuraikan terdiari dari suku kata riset ; re : yang artinya kembali, dan to search : yang artinya mencari. Jadi research berarti mencari kembali. Sementara Definisi Penelitian menurut para ahli dapat di uraikan sebagai beriku: Menurut Leedy (1997: 3) menyarankan bahwa definisi penelitian (riset) adalah proses yang sistematis meliputi pengumpulan dan analisis informasi (data) dalam rangka meningkatkan pengertian kita tentang fenomena yang kita minati atau menjadi perhatian kita. Mirip dengan pengertian di atas, Dane (1990: 4) memberikan definisi bahwa: Penelitian merupakan proses kritis untuk mengajukan pertanyaan dan berupaya untuk menjawab pertanyaan tentang fakta dunia. Untuk lengkapnya silahkan unduh: click_Here

1 Komentar:

Pada 13 April 2014 pukul 14.19 , Anonymous Anonim mengatakan...

Riset/ Research adalah suatu penyelidikan, pemeriksaan, pencermatan, percobaan yang membutuhkan ketelitian dengan menggunakan metode/ kaidah tertentu untuk memperoleh suatu hasil dengan tujuan tertentu.
Kegiatan Riset/ Research meliputi pengumpulan, pengolahan, analisis, penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif yang bertujuan untuk memecahkan suatu masalah.Riset/ penelitian merupakan kegiatan dalam koridor keilmiahan yang harus sesuai dengan bidang akademika/ keilmuan.
Riset merupakan suatu kegiatan yang didasarkan pada objek pembahasan tertentu, kajian yang berlatar belakang keilmuan dari objek tersebut, penggunaan fakta sebagai dasar kajian, penggunaan metode ataupun teknik-teknik tertentu, terdapat hasil yang mempunyai dasar & terkaji, diperoleh dari kesimpulan akhir.

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda